Cerpen Anak - Teman sejati Selalu mencintaimu

Teman sejati Selalu mencintaimu


Lord Krishna dan Sudama adalah teman masa kecil. Sementara Krishna berkembang dan makmur, Sudama tidak. Dia memimpin kehidupan seorang Brahmin miskin manusia, tinggal di sebuah pondok kecil dengan istri dan anak-anaknya. Hampir setiap hari, anak bahkan tidak mendapatkan cukup untuk makan dari apa yang Sudama punya sedekah. Suatu hari, istrinya menyarankan agar dia pergi dan meminta bantuan temannya Krishna.

Sudama enggan mencari bantuan, tetapi ia juga tidak ingin anak-anaknya menderita. Jadi istrinya meminjam beberapa nasi dari tetangga untuk membuat beberapa makanan ringan yang disukai Krishna, dan memberikannya kepada Sudama untuk membawanya ke temannya. Sudama mengambilnya dan berangkat ke Dwaraka. Dia kagum pada emas yang digunakan untuk membangun kota. Ia mencapai gerbang istana dan terhalang oleh para penjaga, yang menilainya oleh dhoti yang robek dan penampilannya yang buruk.

Sudama meminta para pengawal untuk setidaknya memberitahu Kresna bahwa temannya Sudama datang menemuinya. Penjaga, meskipun enggan, pergi dan memberitahu tuan. Mendengar bahwa Sudama ada di sini, Krishna berhenti melakukan apa pun yang dia lakukan dan berjalan tanpa alas kaki untuk bertemu teman masa kecilnya.

Krishna memeluk Sudama menyambut dia untuk tinggal dan memperlakukan dia dengan sangat cinta dan hormat. Sudama, malu dari makanan ringan beras orang miskin yang ia dapatkan untuk Krishna, mencoba untuk menyembunyikannya. Namun Krishna yang maha mengetahui meminta Sudama untuk hadiahnya dan makan makanan ringan nasi favoritnya yang dibawa temannya kepadanya.

Krishna dan temannya menghabiskan waktu tertawa dan berbicara tentang masa kecil mereka tapi Sudama, kewalahan oleh kebaikan dan kasih sayang yang ditunjukkan oleh temannya, tidak dapat meminta bantuan Krishna. Ketika ia kembali ke rumah, Sudama menemukan bahwa gubuk telah digantikan oleh sebuah rumah besar dan istri dan anak-anaknya mengenakan pakaian halus.

Sudama menyadari betapa beruntungnya dia memiliki teman sejati seperti Kresna. Dia bahkan tidak bertanya, tapi Krishna tahu apa yang Sudama inginkan dan memberikannya kepadanya.

Moral


Teman sejati tidak membedakan antara kaya dan miskin. Mereka selalu ada untuk Anda ketika Anda membutuhkannya.