Cerpen Anak - Kisah Semut dan Belalang

Kisah Semut dan Belalang




Sekali waktu, ada dua teman terbaik - semut dan belalang. Belalang suka bersantai sepanjang hari dan memainkan gitarnya. Namun, semut itu akan bekerja keras sepanjang hari. Dia akan mengumpulkan makanan dari seluruh penjuru kebun, sementara belalang santai, bermain gitar, atau tidur. Belalang akan memberitahu semut untuk beristirahat setiap hari, tetapi semut akan menolak dan melanjutkan pekerjaannya. Segera, musim dingin datang; siang dan malam menjadi dingin dan sangat sedikit makhluk yang keluar.

Pada hari musim dingin yang dingin, sekelompok semut sibuk mengeringkan beberapa butir jagung. Belalang setengah mati, kedinginan dan lapar, mendatangi semut yang adalah temannya dan meminta sepotong jagung. Semut itu menjawab, “Kami bekerja siang dan malam untuk mengumpulkan dan menyimpan jagung agar kami tidak mati kelaparan pada hari-hari musim dingin. Mengapa kami harus memberikannya kepada Anda? " Selanjutnya, semut bertanya, "Apa yang kamu lakukan musim panas lalu? Anda harus mengumpulkan dan menyimpan makanan. Aku sudah memberitahumu sebelumnya. ”

Belalang berkata, "Saya terlalu sibuk menyanyi dan tidur."

Semut itu menjawab, “Kamu bisa bernyanyi sepanjang musim dingin sejauh yang saya ketahui. Anda tidak akan mendapatkan apa pun dari kami. " Semut memiliki cukup makanan untuk bertahan selama musim dingin, tanpa khawatir sama sekali, tetapi belalang tidak dan dia menyadari kesalahannya.

Pesan moral dalam cerita


Buat jerami saat matahari bersinar.