[TUTORIAL] Fix Blackcreen Atau Layar Hitam Di windows 10

Bagian 1: Apa Penyebab Layar Hitam dengan Kursor?

Masalah layar Windows 10 ini menjadi hitam dengan kursor hanya dapat terjadi karena berbagai alasan. Ini bisa disebabkan oleh kegagalan kartu grafis atau kegagalan koneksi di bawah layar Anda. Tetapi sebagian besar waktu itu terjadi karena tidak berfungsinya beberapa program atau perangkat lunak yang diinstal pada Windows Anda. Ada beberapa program yang mengganggu proses Start-up Windows Anda, dan kadang-kadang kesalahan di dalamnya dapat membatasi bootup yang tepat untuk Windows Anda.
Bagian 2: Bagaimana Cara Memperbaiki Layar Hitam Windows 10 dengan Masalah Kursor?

Ada berbagai metode untuk memperbaiki layar hitam Windows 10 dengan masalah kursor. Ikuti salah satu metode yang diuraikan di bawah ini dan lihat apakah itu membantu Anda menyingkirkan masalah tersebut.
1. Matikan Startup Cepat

Windows 10 hadir dengan fitur "Fast Startup" yang sangat berguna. Tetapi dalam hal mencapai booting cepat, itu membatasi Windows Anda dari penutupan dengan benar pada saat Anda mematikan Sistem Anda. Ini membuat Windows 10 Anda berisiko berbagai jenis kemungkinan malfungsi, dan salah satunya adalah Windows 10 layar hitam dengan kursor.

Jika Anda tahu bahwa layar hitam Windows 10 dengan masalah kursor terjadi karena fitur Startup Cepat, maka mematikan Startup Cepat mungkin membantu.

Langkah 1. Pertama, Anda harus memulai PC Windows Anda dalam Safe Mode.

Langkah 2. Pergi ke Search-panel di Task Bar dan cari "Control Panel". Buka "Control Panel" dari hasil pencarian dan pilih "Ikon kecil" di bawah perintah penyortiran "View by".

Layar hitam Windows 10 dengan kursor 1

Langkah 3. Sekarang, cari "Power Options" dan klik. Sekarang, di bawah jendela "Opsi Daya", di panel sebelah kanan, Anda akan melihat opsi "pilih apa yang dilakukan tombol daya", klik di atasnya.

Layar hitam Windows 10 dengan kursor 2

Langkah 4. Di jendela baru, di bawah "Tentukan tombol daya ....", Anda akan melihat opsi "Ubah pengaturan yang saat ini tidak tersedia", klik di atasnya.

Layar hitam Windows 10 dengan kursor 3

Langkah 5. Anda sekarang dapat mengakses "Pengaturan Shutdown" di bawah di jendela yang sama. Di bawah "Pengaturan Shutdown" cari opsi "Aktifkan Fast Startup (disarankan)". Anda akan melihat Fast Startup diaktifkan, hapus centang pada opsi untuk menonaktifkan Fast Startup.

Langkah 6. Setelah Anda menghapus centang opsi "Aktifkan Fast Startup", klik tombol "Simpan" di bagian bawah jendela.

Layar hitam Windows 10 dengan kursor 4

Setelah menyelesaikan proses, matikan PC Windows Anda dan cobalah untuk me-restart lagi dalam mode normal.
2. Copot pemasangan / Pasang kembali atau Perbarui Kartu Grafis
windows 10 black screen with cursor 1

Kartu Grafis pada PC Windows Anda adalah salah satu komponen yang berhubungan dengan sebagian besar tugas terkait layar. Sedikit masalah di kartu Grafis Anda dapat menyebabkan berbagai kesalahan pada tampilan Anda, termasuk masalah layar hitam tanpa kursor. Dengan demikian, memperbarui, menonaktifkan, atau menginstal ulang kartu grafis dapat membantu Anda.

Langkah 1. Cobalah untuk memulai PC Windows Anda dalam Safe Mode.

Langkah 2. Buka panel pencarian di Task Bar dan cari "Device Manager". Klik pada Device Manager dari hasil untuk mengakses jendela Device Manager.

Langkah 3. Pada jendela Device Manager, cari opsi "Display Adapters". Klik Display Adapters untuk melihat Kartu Grafis Terpadu atau eksternal. Sekarang, klik kiri pada kartu grafis yang ingin Anda ambil tindakan, dan pilih dari opsi Perbarui, Nonaktifkan, atau Hapus, sesuai kebutuhan Anda.

Layar hitam Windows 10 dengan kursor 5
3. Perbarui BIOS

BIOS di sistem Windows 10 Anda adalah salah satu perangkat lunak yang paling penting. Ini adalah Sistem Input dan Output Dasar dan digunakan oleh mikroprosesor komputer Anda. Ini membantu prosesor dalam menyiapkan Windows Anda. Ini juga membantu dengan input dari perangkat input Anda dan output ke perangkat output Anda. Ini memainkan peran dalam semua jenis aliran data di dalam sistem Anda, ke sistem Anda, dan dari sistem Anda. Kadang-kadang masalah dalam perangkat lunak BIOS dapat menyebabkan kesalahan yang menyebabkan layar hitam Windows 10 dengan atau tanpa kursor. Terkadang memperbarui perangkat lunak BIOS juga dapat memperbaiki masalah layar hitam dengan kursor pada Windows.
windows 10 black screen with cursor 5

Jika Anda ingin memperbarui BIOS, Anda dapat mengunjungi situs web produsen Motherboard Anda dan ikuti petunjuk untuk mengunduh dan memperbarui versi terbaru BIOS pada sistem Anda. Tetapi, karena BIOS adalah perangkat lunak yang sangat penting untuk sistem Windows Anda, dan sangat rumit untuk ditangani, kami sarankan Anda untuk berkonsultasi dengan profesional untuk memperbarui BIOS Anda dan memperbaiki masalah layar hitam dengan kursor pada PC Anda.
4. Setel ulang PC Anda

windows 10 black screen with cursor 6

Jika layar hitam dengan masalah kursor pada PC Anda adalah hasil dari bug di Windows Anda, maka mengatur ulang PC Windows Anda adalah yang paling dasar namun hal paling berguna yang dapat Anda lakukan. Meskipun alat Reset PC Anda memungkinkan Anda untuk menyimpan file pribadi Anda, kami sarankan mengambil cadangan yang aman untuk menghindari kehilangan data.

Langkah 1. Mulai PC Windows 10 Anda memiliki kesalahan layar hitam dengan kursor dalam Safe Mode.

Langkah 2. Setelah Anda berada di Safe Mode, dari Desktop Anda, pergi ke menu "Start". Klik pada ikon "Pengaturan" untuk diarahkan ke jendela "Pengaturan Sistem".

Langkah 3. Setelah di Pengaturan Sistem, klik pada tab "Perbarui & Keamanan" untuk pergi ke windows masing-masing. Di bawah "Perbarui & Keamanan", cari tab "Pemulihan", klik untuk masuk ke panel pemulihan yang akan ditampilkan di sisi kiri Window.

Langkah 4. Di bawah panel Pulihkan, klik "Memulai" di bawah bagian "Reset PC Ini". Anda akan diarahkan ke jendela mini. Anda akan ditanya apakah Anda ingin menyimpan file Anda atau tidak. Pilih opsi sesuai kebutuhan Anda dan lanjutkan sesuai dengan instruksi.

windows 10 layar hitam dengan kursor 6
5. Hapus Perangkat Lunak Bermasalah

Jika Anda tahu perangkat lunak mana yang menyebabkan masalah layar hitam, maka Anda dapat menghapus perangkat lunak yang bermasalah.

Langkah 1. Mulai PC Windows 10 Anda memiliki kesalahan layar hitam dengan kursor dalam Safe Mode.

Langkah 2. Setelah di Layar Utama sistem Window 10 Anda, gunakan pintasan "Windows + R" untuk mengakses jendela perintah "Jalankan". Di kotak Jalankan pencarian, ketik "appwiz.cpl" dan tekan OK.

Langkah 3. Anda akan diarahkan ke jendela “Program & Fitur” di mana Anda akan melihat semua jenis program yang berjalan pada Sistem Anda terdaftar. Dari sini, Anda dapat menemukan dan menghapus perangkat lunak bermasalah yang menyebabkan masalah layar hitam pada PC Anda.

windows 10 layar hitam dengan kursor 7

6. Mengatasi Masalah dalam Status Booting Bersih

Windows memungkinkan Anda untuk mem-boot PC Anda dalam keadaan bersih. Ini berarti boot PC Anda dengan semua program yang tidak perlu dinonaktifkan. Ini dapat membantu Anda dalam menemukan masalah.

Langkah 1. Pada panel pencarian di Task Bar Anda, ketik "msconfig" dan tekan Enter. Sekarang pergi ke tab "Layanan" pada panel jendela yang muncul.

Langkah 2. Setelah Anda berada di bawah "Layanan", pergi ke opsi "Sembunyikan semua Layanan Microsoft" yang terletak di tepi bawah jendela di sisi kanan, dan kemudian klik kotak centang di sebelahnya. Setelah selesai, klik pada opsi "Nonaktifkan Semua" yang terletak di kiri bawah jendela.
windows 10 black screen with cursor 8
windows 10 layar hitam dengan kursor 8

Langkah 3. Sekarang, beralihlah ke tab "Startup" yang terletak di sebelah tab "Layanan" di jendela yang sama. Pada tab Startup, Anda akan melihat opsi "Buka Pengelola Tugas". Klik untuk membuka Task Manager.

windows 10 layar hitam dengan kursor 9

Langkah 4. Pada jendela Task Manager, cari program Startup yang Anda pikir dapat menyebabkan masalah. Nonaktifkan semua program Startup tersebut satu per satu menggunakan tombol "Nonaktifkan" di kiri bawah jendela.

windows 10 layar hitam dengan kursor 10

Langkah 5. Setelah selesai, tutup Task Manager dengan menggunakan "X" untuk jendela selektif, dan kemudian klik "OK" pada tab Startup.

Langkah 6. Sekarang Restart PC Anda.

Sekarang PC Anda hanya akan restart dengan program-program penting. Anda kemudian dapat melihat apakah masalah layar hitam dengan kursor pada PC Windows Anda masih ada atau diselesaikan. Anda dapat mencoba dan mengakses semua alat dan program yang diaktifkan untuk melihat apakah salah satunya yang menyebabkan masalah. Jika tidak ada program penting yang menunjukkan masalah apa pun, Anda perlu menemukan masalahnya di program dan layanan yang dinonaktifkan. Anda dapat mengulangi "Langkah 1- 2", dan kali ini dengan membiarkan separuh dari layanan "Non-Microsoft" diaktifkan, dan mulai ulang PC Anda. Anda dapat melakukan ini berulang kali dengan mengaktifkan atau menonaktifkan layanan "Non-Microsoft" yang tersisa hingga kesalahan atau program yang menyebabkan layar hitam ditemukan.

Catatan: Jangan menonaktifkan layanan penting ke Windows.
Bagian 3: Bonus: Memulihkan Data yang Dihapus / Hilang setelah Memperbaiki Layar Hitam dengan Kesalahan Kursor di Windows 10

windows 10 black screen with cursor 9

Ada beberapa metode untuk memperbaiki masalah layar hitam dengan hanya kursor pada Windows 10 yang dapat membahayakan data Anda. Itu sebabnya Anda harus siap memulihkan data jika terjadi kehilangan data.

Alat pemulihan Data pemulihan adalah alat pemulihan terbaik yang dapat Anda gunakan untuk memulihkan data yang hilang saat memperbaiki kesalahan masing-masing. Ini dapat memulihkan 100% file yang hilang dan juga memungkinkan Anda untuk memulihkan data dari Windows yang macet. Dengan demikian, jika Anda menginginkan pemulihan data yang aman dan andal, Anda hanya boleh menggunakan alat Recoverit.

No comments for "[TUTORIAL] Fix Blackcreen Atau Layar Hitam Di windows 10"